Event "Depok Community Festival 2014", Gerakan Menuju Depok yang Lebih Baik

Minggu, 28 Desember 2014 - Wakil Walikota Depok, Idris Abdul Shomad membuka acara Depok Community Festival 2014 di area parkir LBPP LIA Jalan Margonda Raya Depok. Depok Community Festival (DCF) adalah ajang berkumpulnya komunitas-komunitas yang ada di Kota Depok. Begitu banyak komunitas yang tersebar di Kota Depok maka, dibutuhkan satu event untuk saling memperkenalkan komunitasnya masing-masing. Kegiatan ini merupakan event tahunan yang ketiga, tahun sebelumnya pernah diadakan di Depok Mall. 

Depok Community Festival ini memiliki tema yang berbeda setiap tahunnya. Pada tahun pertama yaitu tahun 2012, Depok Community Festival mengangkat tema kreativitas, Pada tahun kedua yaitu tahun 2013 tentang solidaritas dan kolaborasi. Dan pada tahun ini yaitu tahun 2014, Depok Community Festival mengusung tema "Urban Civic Movement" yang diikuti hampir 100 komunitas. 

Mengapa Urban Civic Movement? Menurut Desti Hafizho, ketua panitia DCF2014, "Tahun ini merupakan era komunitas bicara kota yang dihuninya. Mimpi memiliki kota yang atraktif dan penuh interaksi di ruang-ruang publik, direalisasikan dalam sebuah gerakan inisiatif dari hobi dan interset masing-masing, yang kita sebut dengan gerakan warga perkotaan atau Urban Civic Movement". 

Depok Community Festival 2014
Tanpa ekspresi banget ya huhu

Event ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mengembangkan produktivitas dan keahlian yang dimiliki. Dengan hanya menghadiri event ini, kita dapat mengenal lebih jauh komunitas apa saja yang ada di Kota Depok dan bagi kalian yang belum memiliki komunitas dapat langsung bergabung dengan komunitas yang berada di bidang yang kalian senangi. Semoga dengan bergabungnya kalian di dalam komunitas, dapat meningkatkan pengetahuan dan keahlian yang kalian miliki.

Karena komunitasnya sangat banyak, penyelenggara membagi komunitas menjadi beberapa zona seperti hobbies zone, digital zone, school zone, sport zone, social zone, art zone, dan green zone. Ada mapnya kok jadi kita tidak kesulitan untuk menemukan komunitas yang sesuai dengan minat kita. Oh iya, di area indoor tepatnya pada area workshop ada Arumi Bachsin loh yang mengisi acaranya.

Klik gambar untuk memperbesar
Komunitas Kota Depok
Map DCF2014

Setelah melewati gate Depok Community Festival, kita akan langsung melihat banyak booth yang menjadi tempat berpijak komunitas untuk memamerkan kelebihan yang mereka miliki. Komunitas yang hadir berasal dari berbagai macam bidang yang berbeda, dimulai dari komunitas pecinta binatang, komunitas pecinta alam, komunitas hijaber, komunitas pecinta olahraga bahkan ada komunitas pemburu tempat mistis grrrrr.

Event Depok Community Festival 2014
Booth Komunitas bagian indoor

Saat mengikuti event ini, saya hanya datang dengan satu orang teman dan kita berdua belum memiliki komunitas sedangkan, hampir seluruh pengunjung event ini adalah orang-orang aktif yang memiliki komunitas dan mereka datang secara bergerombolan. Setelah berkeliling dari booth yang satu ke yang lainnya, saya menemui komunitas yang sesuai dengan bidang yang saya senangi dan saya langsung mendaftar untuk menjadi anggota, akhirnya saya punya komunitas lol.

Green zone
berfoto ria di zona hijau (GREEN ZONE)

Setelah puas berkeliling dan berfoto, saya menuju ke depan panggung untuk melihat pertunjukan yang ditampilkan oleh komunitas yang ada. Selain itu, di depan panggung inilah beberapa komunitas berkolaborasi menunjukkan talenta yang dimiliki oleh masing-masing komunitas. Pertunjukkan kolaborasi antar komunitas ini berjalan sangat meriah, para supporter berteriak untuk mendukung komunitasnya.

Event Depok Community Festival 2014
Stage

Dengan adanya komunitas terutama di Kota Depok, diharapkan dapat menjadi agen perubahan menuju Kota Depok yang lebih baik. Masyarakatlah yang seharusnya berperan aktif mewujudkan kota lebih hijau (green city), cerdas (smart city), dan layak huni (liveable city). 


Warga Depok mana suaranya? Komunitas mana yang diikuti? Share ya di kotak komentar ^^


===


Related Post


"SHARING IS CARING"

Show comments
Hide comments

13 komentar:

  1. Whe wish you a happy new year my friend Yupi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you :)
      wish you a very happy new year too, Mr. Rudi :)

      Hapus
  2. Sayang banget saya baru tahu sekarang setalha melihat postingan ini, padahal dekat dengan tempat saya nih......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah dari depok juga toh? Semoga tahun depan event ini diadakan kembali dan kita bisa ikut meramaikannya hihihi

      Hapus
  3. seruuu eventnya mba..banyak komunitas berkumpul ya..
    sukses sllu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya seru.
      Banyak, ada kaskus juga hehe
      Aamiin makasih, sukses juga mas :)

      Hapus
  4. wah seksarang Depok tambah maju nih lama sekali saya tidak kesana padahal 15 tahun yang lalu saya pernah tinggal di Margonda,,,,jadi kangen sama belakangnya UI hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cukup lamaaaaa juga. Pasti alumnus UI, ya?
      Main ke Depok lagi mas biar kangennya ilang hehe

      Hapus
  5. sepertinya seru festivelanya, keren mbak klo Depok jadi Green, Smart & Liveable City,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin *penuh pengharapan*
      Pasti keren banget mas dan bikin penghuninya betah tinggal di Depok hehehe

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus