Materi Pembelajaran Sistem Komunikasi Data Dan Jaringan Komputer


Materi Pembelajaran Sistem Komunikasi Data Dan Jaringan Komputer

Dewasa ini, perkembangan teknologi informasi meningkat dengan pesat sehingga menuntut kita untuk selalu mengikutinya. Kondisi ini dapat dilihat pada sekitar tahun 80-an di mana jaringan komputer masih merupakan impian yang ingin diwujudkan oleh para ahli komputer. Kemudian, pada tahun 1988 jaringan komputer mulai digunakan di berbagai bidang diantaranya adalah bidang pendidikan dan pemerintahan. Pada saat ini penggunaan teknologi informasi sudah merambah pada semua bidang kehidupan manusia.

Sementara itu, perkembangan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) jaringan komputer juga mengalami peningkatan yang sangat pesat. Pada waktu pertama kali jaringan komputer diperkenalkan masih menggunakan kabel coaxial, tetapi sekarang sudah menggunakan kabel UTP, serat optik (fiber optics), dan sistem jaringan wireless (sistem jaringan komputer nirkabel).

Secara sederhana, komunikasi data (data communication) dapat didefinisikan sebagai transfer data dengan menggunakan transmisi elektronik. Komunikasi data inilah yang merupakan titik awal perkembangan teknologi yang disebut sebagai jaringan komputer.


Komunikasi Data

Komunikasi data adalah proses yang memungkinkan data yang terdapat di terminal (komputer) berlainan saling berinteraksi untuk melakukan proses tertentu. Komunikasi data antar terminal mensyaratkan tiga elemen, yaitu :
  • Terminal sumber (source), di mana tersimpan data yang hendak ditransfer.
  • Media transmisim yang merupakan media lalu lintas data yang akan ditransfer dari terminal sumber ke terminal penerima.
  • Terminal penerima (receiver), merupakan terminal akhir yang menerima transfer data dari terminal sumber.


Jaringan Komputer

Pada awalnya, komputer bekerja secara stand alone, menggunakan program sesuai dengan kebutuhan pengguna tanpa ada mekanisme komunikasi data antar komputer. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, kini komputer dapat bekerja dengan sistem jaringan komunikasi tanpa harus terkendala dengan jarak, seperti yang terimplementasikan dalam jaringan lokal maupun global.

Komputer yang bekerja secara stand alone mempunyai banyak kelemahan dan keterbatasan, diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Perangkat tambahan, seperti: printer dan scanner, hanya bisa digunakan apabila terhubung langsung dengan komputer yang bersangkutan.
  • Tidak bisa berbagi sumber daya (sharing resources). Tidak bisa menggunakan perangkat tambahan, data, dan sumber daya lainnya yang ada pada komputer lain.
Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menghubungkan satu komputer dengan komputer lain, agar setiap sumber daya yang terhubung di dalamnya dapat digunakan secara bersama-sama. Inilah yang disebut dengan sistem jaringan komputer (computer networking system).

Jaringan komputer merupakan sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan lainya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi sumber daya. Selain itu, secara teknis jaringan komputer dapat diartikan sebagai kumpulan komputer yang dapat saling berhubungan satu sama lain dengan menggunakan perangkat jaringan, yang dihubungkan melalui media transmisi.


Manfaat Jaringan Komputer

Berbagai keuntungan yang diperoleh dengan membangun jaringan komputer adalah sebagai berikut.
  • Berbagi sumber daya. Tujuannya agar seluruh program aplikasi dan peralatan (peripheral) lain dapat dimanfaatkan oleh setiap pemakai tanpa terpengaruh oleh lokasi. Berbagi sumber daya juga dapat menekan biaya pembelian peripheral atau lisensi perangkat lunak (software).
  • Komunikasi. Sebuah jaringan komputer mampu bertindak sebagai media komunikasi yang baik bagi para pegawai yang terpisah jauh. Dengan menggunakan jaringan, dua orang atau lebih yang tinggal berjauhan akan lebih mudah bekerja sama dalam menyusun laporan. Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untuk teleconference maupun mengirim pesan atau informasi penting lainnya.
  • Integrasi Data. Pembangunan jaringan komputer dapat mencegah/ mengurangi ketergantungan pada komputer server. Setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat disebarkan ke komputer lainnya. Oleh karenanya, terbentuklah data yang terintegrasi sehingga memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat.
  • Pengembangan dan Pemeliharaan. Dengan adanya jaringan komputer, pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya. Misalnya, untuk memberikan perlindungan terhadap serangan virus, maka pemakai cukup memusatkan perhatian pada harddisk yang ada di komputer server. Jaringan komputer juga akan memberikan reliabilitas tinggi, yaitu adanya sumber-sumber alternatif pengganti jika terjadi masalah pada salah satu perangkat dalam jaringan, artinya karena perangkat yang digunakan lebih dari satu, jika salah satu perangkat mengalami masalah, maka perangkat yang lain dapat menggantikannya.
  • Keamanan Data. Sistem jaringan komputer memberikan perlindungan terhadap data. Jaminan keamanan data tersebut diberikan melalui pengaturan hak akses para pemakai dan teknik perlindungan terhadap harddisk, sehingga data mendapatkan perlindungan yang efektif.
  • Sumber daya lebih efisien dan informasi selalu terkini (up to date). Dengan adanya pemakaian sumber daya secara bersama, maka pemakai bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan berkualitas. Selain itu, data atau informasi yang diakses selalu terbaru, karena setiap ada perubahan yang terjadi dapat segera diketahui oleh setiap pemakai.
  • Mengurangi ketergantungan pada satu vendor. Dengan dibangunnya jaringan komputer, vendor tidak lagi menetapkan biaya yang tinggi untuk komputer dan peralatan pelengkap lain yang dijualnya. Misalnya pemakai dapat menggunakan komputer server dari IBM, sedangkan workstation-nya dari ACER, atau merk lainnya.
  • Lebih ekonomis. Komputer yang kecil memiliki rasio harga/ kinerja yang lebih baik dibanding dengan komputer besar. Komputer mainframe memiliki kecepatan sekitar sepuluh kali lipat kecepatan PC, akan tetapi harga mainframe seribu kalinya lebih mahal. Dengan se;isih rasio harga/ kinerja yang cukup besar ini menyebabkan perancang sistem memilih membangun sistem yang terdiri dari komputer-komputer pribadi dibanding menggunakan mainframe.


***


Related Post


"SHARING IS CARING"

Show comments
Hide comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar